Senin, 20 Mei 2019

Langkah Awal Menabung Bagi Pemula

Langkah Awal Menabung Bagi Pemula

Sebagai fresh graduate yang hendak memulai karir masa depan, Anda tentu wajib menyiapkan diri dengan baik. Memasuki dunia kerja yang memberikan tawaran gaji menarik bisa saja menarik minat Anda. Siapa yang tidak butuh banyak uang di era Millenial ini? Demi mendukung kehidupan yang lebih baik, Anda wajib merencanakan pengelolaan uang yang maksimal. Memiliki tabungan sejak awal agar bisa digunakan saat kondisi darurat sangat penting. Anda jelas tidak bisa mengandalkan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan, bukan?

4 Tips Aman Menabung Untuk Karyawan 

Kalau Anda baru saja bekerja dan mendapatkan gaji pertama, sebaiknya tahu bagaimana cara membagi keuangan agar bisa dikelola secara optimal. Jangan sampai Anda hanya menuntaskan hasrat berfoya-foya sehingga tidak memiliki perencanaan keuangan yang bagus. Roda ekonomi bisa berubah secepat kilat lho! 

Kalau Anda masih merasa kesulitan menabung karena gaji yang hanya standar UMR, jangan putus asa dulu! Coba aplikasikan 5 tips aman menabung untuk kelas karyawan berikut ini. 

1. Buat daftar prioritas

Gaji minim ingin memiliki tabungan besar, bisa tidak ya? Selama Anda bisa menentukan daftar prioritas kehidupan, kenapa tidak? Anda butuh membuat daftar catatan mengenai kebutuhan primer hingga sekunder setiap bulan. Coba lihat berapa jumlah pengeluaran Anda setiap bulan. Jika memungkinkan, kurangi pengeluaran tersebut agar memiliki dana untuk disimpan. 

Opsi kedua yang bisa Anda lakukan untuk tetap memiliki tabungan dengan gaji yang minim adalah menambah pendapatan. Di era digital, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan menjadi tenaga freelancer, membuka online shop, menjadi reseller atau dropship dan lain-lain. Adanya pemasukan tambahan diluar gaji utama bisa menjadi solusi menabung sejak dini. 

2. Buat rencana tabungan 5-10 persen dari total pendapatan

Tabungan yang ideal sekitar 20-30 persen dari gaji sehingga Anda harus memikirkan hal ini secara detail. Namun, fresh graduate yang masih memulai karir dengan gaji yang minim, tentu bakal kesulitan untuk menabung senilai 30 persen dari total gaji. Apalagi Anda memiliki tanggungan hutang dan lain-lain, bukan? 

Cukup konsisten untuk menyisihkan nilai tabungan sebesar 5-10 persen dari gaji sebagai langkah awal saja. Kalau Anda kesulitan menabung langsung, sebaiknya pertimbangkan untuk membuka tabungan rencana. Banyak bank yang menawarkan opsi tabungan rencana sesuai kondisi keuangan Anda, kok. Lihat berapa total tabungan yang bisa Anda kumpulkan dalam durasi waktu tertentu. 

3. Menyelesaikan hutang atau mengurangi penggunaan kartu kredit 

Jika Anda memiliki hutang sebelumnya, sebaiknya segera selesaikan untuk fokus memikirkan rencana tabungan masa depan. Memiliki kartu kredit bukan hal yang salah namun kartu kredit bisa berubah menjadi buah simalakama lho! Kalau Anda tidak bisa menekan keinginan untuk berbelanja menggunakan kartu kredit, pembengkakan finansial bisa saja terjadi. Hal ini bisa merugikan kondisi keuangan Anda kelak. 

Batasi limit kartu kredit Anda sebaik mungkin atau hilangkan kebiasaan menggunakan kartu kredit tanpa pertimbangan matang. Jika memang harus menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda memiliki kontrol keuangan yang bagus. 

4. Pertimbangkan kebijakan untuk berhutang

Dewasa ini, kemudahan mengajukan pinjaman dana tunai bisa Anda dapatkan di mana saja termasuk online. Syarat yang ditetapkan cukup simpel sehingga Anda bisa saja tergoda untuk mengajukan pinjaman. Namun, sudahkah Anda memikirkan pertimbangan kebijakan berhutang tersebut? 

Pinjaman menjadi solusi terbaik saat Anda membutuhkan dana darurat yang tak bisa terkaver tabungan. Pastikan Anda memilih tempat pinjam dana yang kredibel agar bisa mengontrol pembayaran angsuran yang tidak membebani gaji bulanan. Jangan sampai Anda hanya ingin memenuhi hasrat atau keinginan membeli barang yang tidak relevan dengan kebutuhan dengan dana hutang. Bisa jadi keuangan Anda semakin memburuk kedepannya lho!

Beberapa tips memulai menabung bagi pemula di atas bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda memiliki dana lebih yang bisa dialokasikan untuk investasi, hal tersebut bisa menjadi poin tersendiri. Anda bisa memilih jalur investasi yang paling aman seperti tabungan berjangka atau logam mulia. Nah, bisakah mempertimbangkan hutang untuk jalur investasi? 

Memanfaatkan Pinjaman Dana Untuk Melakukan Investasi

Langkah Awal Menabung Bagi Pemula

Agar Anda bisa memiliki tabungan, investasi bisa menjadi pilihan masa kini. Anda bisa memiliki tabungan yang terus bertambah sepanjang waktu seperti deposito atau logam mulia. Jenis investasi paling aman yang bisa Anda pilih sebagai pemula. Anda bisa mempertimbangkan mengajukan pinjaman dana untuk menabung investasi ini. Hal ini berlaku untuk Anda yang memang mengalami kesulitan menabung. 

Anda bisa mengajukan pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk deposito jangka panjang. Selanjutnya Anda bisa membagi keuangan dari total gaji untuk pembayaran angsuran pinjaman yang ringan. Namun, pastikan dulu bahwa keuangan Anda memang tetap stabil untuk membayar angsuran dan kebutuhan setiap bulan. 

Pinjaman dana harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar pengelolaan keuangan masa depan Anda bsia maksimal. Pilih sistem pinjaman yang jelas baik nilai angsuran, bunga dan tenor waktu pembayaran. Pinjaman juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dana darurat seperti kebutuhan persiapan pernikahan, pembayaran uang pangkal kuliah dan lain-lain. Selama Anda bisa memilih jasa pemberi pinjaman yang kredibel, semua akan berjalan dengan baik. 

Pilih pinjaman dana di https://www.cekaja.com/kredit yang memberikan kemudahan untuk Anda. Proses pengajuan dan pencairan dana yang cepat semakin menguntungkan Anda. Tak perlu ribet mengurus persyaratan yang diajukan sebab dokumen bisa diurus secara online saja. Selama pinjaman bisa membantu mengatur masa depan Anda lebih baik, keuangan Anda bakal aman, kok.

1 komentar: