Rabu, 01 Mei 2019

Manfaat Sehat Konsumsi Rutin Ikan Laut

Manfaat Sehat Konsumsi Rutin Ikan Laut

Ikan laut merupakan salah satu makanan sehat dengan segudang manfaat yang telah diketahui. Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi di dalamnya menjadikan ikan ini sebagai makanan yang sebaiknya dikonsumsi dua kali dalam satu pekan.

Kandungan tinggi omega 3 nan menyehatkan ini sebagian besar bisa didapat dari ikan laut. Dilansir dari Cheatsheet, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi makanan laut dua kali dalam seminggu.

1. Kurangi Risiko Demensia

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu mengurangi risiko alzheimer hingga 47 persen. Hal ini juga didukung oleh temuan beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat makanan laut untuk mencegah demensia.

2. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian lainnya mengungkap bahwa konsumsi ikan dalam jumlah yang sama juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Hal ini terjadi karena kandungan omega 3 yang tinggi di dalam ikan ini.

3. Kurangi Peradangan

Dalam beberapa kasus, peradangan dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung. Untungnya, mengonsumsi ikan dua kali seminggu membantu menurunkan risiko tersebut. Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat meringankan rasa sakit dan kerusakan sendi akibat rheumatoid arthritis, meskipun tidak memperlambat perkembangan penyakit.

4. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke. Konsumsi ikan sebanyak dua kali seminggu bisa bantu kurangi risiko komplikasi kesehatan. Konsumsi ikan akan membantu tubuh mengatur kadar kolesterol dengan lebih baik.

Melihat sederet manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh ini, tidak ada salahnya untuk memasukkan makanan laut sebagai menu rutin untuk kamu nikmati.

0 komentar:

Posting Komentar