Rabu, 01 Mei 2019

Perhatikan Hal ini Untuk Keamanan Pensi

Perhatikan Hal ini Untuk Keamanan Pensi

Pentas seni atau yang sering dikenal dengan istilah kerennya pensi merupakan ajang tahunan yang sering digelar oleh anak SMA. Selain menjadi wadah untuk unjuk bakat dan kemampuan, nggak jarang panitia mendatangkan musisi top untuk menarik pengunjung datang dan menikmati pensi.

Tapi jumlah pengunjung yang cukup ramai pun harus dibarengi dengan keamanan pensi, agar tak terjadi kejadian yang bikin nama sekolah jadi ikut tercoreng. Buat panitia, perhatian 6 hal berikut ini untuk menjaga keamanan pensi.

Bekerjasama dengan Petugas Keamanan

Biasanya pensi tetap membuat tim keamanan yang terdiri dari murid-murid sekolah dengan fisik besar dan kuat. Tapi jika merasa kurang mampu mengatasi tugas ini, nggak ada salahnya untuk meminta bantuan petugas keamanan, seperti polisi. Selain mengajukan izin untuk menggelar acara yang cukup besar, masukkan proposal dua minggu sebelum hari-H, kemudian diskusikan penjagaan keamanan yang paling tepat.

Perkirakan Gangguan Keamanan yang Bisa Terjadi

Bukan bermaksud negative thinking, tapi sebagai panitia kamu harus siap menghadapi kemungkinan terburuk saat pensi sekolahmu digelar. Khusus untuk aspek keamanan, cari tahu pengalaman panitia sebelumnya atau belajar dari pengalaman pensi di sekolah lainnya sehingga dapat memperkirakan bentuk gangguan keamanan yang bisa terjadi. Dari sini, kamu bisa menyimpulkan pengamanan seperti apa yang perlu diprioritaskan.

Pertimbangkan Saat Perencanaan Awal

Terkadang urusan keamanan sering dilupakan saat perencanaan awal pensi dan baru diurus saat mendekati hari-H. Padahal persoalan ini cukup krusial karena menyangkut nama baik sekolah dan keamanan pengunjung, panitia, maupun pengisi acara. Pertimbangkan beberapa hal seperti pilihan bintang tamu, tempat di sekolah atau venue lain, jenis penonton yang datang, hingga luas penyebaran promosi pensi.

Bagi Menjadi Beberapa Tim

Ada beberapa hal yang harus diprioritaskan pengamanannya, seperti backstage dan pintu masuk. Masing-masing harus memiliki koordinator keamanan, misalnya koordinator penonton, tiket masuk, artis, hingga keamanan panggung. Bisa juga menggunakan baju panitia atau kartu identitas yang jelas agar dapat melakukan tugasnya dengan baik dan tanpa halangan.

Cek Venue dan Persiapan Sebelum Hari-H

Sebelum hari-H biasanya panitia sudah disibukkan dengan gladi resik. Tapi jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan yang berkaitan dengan pengamanan pensi. Mulai dari loket penjualan tiket, pintu masuk, ada tidaknya jalur evakuasi, hingga faktor-faktor yang dapat membahayakan keamanan seperti lubang di lapangan outdoor, hingga kabel yang berserakan di venue indoor.

Sebelum, Selama, dan Setelah Acara

Selain pengamanan selama pensi berlangsung, jangan lupa juga untuk mengurus proses pengamanan sebelum dan setelah acara berjalan. Misalnya bagaimana cara penonton bisa membeli tiket dengan tertib dan masuk dengan aman, menyiapkan jalur evakuasi untuk penonton, bintang tamu, hingga panitia lain jika terjadi rusuh, hingga bagaimana penonton bisa meninggalkan venue tanpa halangan yang berarti.

Mempersiapkan keamanan bisa jadi tantangan yang berat sehingga perlu berkoordinasi dengan pihak luar sekolah. Namun meski begitu, jangan lupakan masalah yang lebih krusial yakni sponsor. Tak perlu bingung karena kini kamu bisa memanfaatkan Hiventory yang dapat membantu menggaet pihak sponsor untuk pensi sekolah. Caranya mudah, tinggal klik di sini dan ikuti media sosialnya untuk info terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar