Rabu, 01 Mei 2019

Tips Alami Untuk Menghilangkan Komedo dengan Bahan Rumahan

Tips Alami Untuk Menghilangkan Komedo dengan Bahan Rumahan

Bintik putih atau kehitaman yang menyumbat pori-pori kulit membuat wajah kita kurang mulus. Hasil akhir makeup pun tidak bisa flawless. Inilah yang disebut blackheads dan whiteheads atau istilah gampangnya komedo. Bagaimana cara menghilangkan komedo?

Cara mengatasi komedo yang paling praktis dan efektif adalah menggunakan krim, gel, atau pembersih dengan kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retinoid. Walaupun begitu, Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan komedo alami dengan dengan bahan-bahan rumahan.

Berikut ini kami tampilkan sejumlah cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan bahan-bahan dapur seperti putih telur, jeruk nipis, tepung jagung, hingga pandan.

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa menggunakan bahan-bahan berikut:

1. Kayu manis
2. Lemon/jeruk nipis
3. Teh hijau
4. Madu
5. Kunyit
6. Tepung jagung

1. Kayu Manis

Bahan dapur yang satu ini cukup efektif untuk membantu mengangkat komedo dari pori-pori, tetapi tidak disarankan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis:
  • Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Sebagai pilihan, Anda bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan semalaman. Saat Anda bangun pagi, bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Air Perasan Lemon/jeruk nipis

Jus lemon dan jeruk nipis memang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tak disangka, perasan air lemon ternyata cukup efektif untuk menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon/jeruk nipis:
  • Campurkan perasan air lemon/jeruk nipis (dari setengah buah lemon/jeruk nipis) dengan beberapa tetes madu. Untuk menghilangkan sel kulit mati, Anda bisa menambahkan gula yang berfungsi sebagai scrub.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah, terutama area komedo hitam. Diamkan beberapa menit sampai kering dan bilas sampai bersih.

3. Teh Hijau

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, teh hijau juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau:
  • Ambil satu sendok teh hijau kering dan campurkan dengan sedikit air hingga berbentuk bubur.
  • Oleskan pada area komedo dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Madu

Madu sangat ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan juga komedo hitam. Madu membantu kulit Anda senantiasa terhidrasi dan mengencangkan pori-pori sehingga kulit terlihat lebih mulus.

Cara menghilangkan komedo dengan madu:

Oleskan madu pada area komedo dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Kunyit

Kunyit dipercaya mampu menghilangkan noda-noda hitam di kulit, Namun, selain itu kunyit juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan kunyit:
  • Campurkan dua sendok teh kunyit bubuk dan campurkan dengan dua sendok makan jus daun mint.
  • Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu. Campur hingga membentuk pasta. Oleskan pada area komedo selama 10-20 menit. Bilas dengan air hangat.
6. Tepung Jagung

Tepung yang biasa digunakan sebagai campuran adonan kue ini ternyata bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi komedo hitam. Tepung jagung berfungsi untuk mengatasi kotoran yang menutupi pori-pori.

Cara menghilangkan komedo dengan tepung jagung:
  • Campurkan satu atau dua sendok makan tepung jagung dengan susu pembersih wajah (milk cleanser).
  • Sebelum mengoleskannya, gunakan uap air panas untuk membuka pori-pori.
  • Setelah itu oleskan pada area komedo sambil Anda pijat-pijat dengan halus. Bilas menggunakan air bersih.

0 komentar:

Posting Komentar