Kamis, 02 Mei 2019

Tips Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Tips Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Apakah Anda pernah secara tak sengaja menghapus foto, dokumen, atau file penting Anda di Android? Tentu hal ini merupakan musibah yang tak disangka. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan file Anda yang terhapus.

Hal ini pun biasanya tak selalu terjadi karena ketidaksengajaan pengguna. Seringkali hal ini terjadi karena SD Card yang corrupt, atau ponsel yang tiba-tiba crash atau rusak.

Meski demikian, untungnya saja smartphone modern selalu memiliki data recovery. Berarti, memang ada cara untuk mengembalikan data yang Anda pikir hilang selamanya.

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang hilang di Android, yang dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber.

1. File Tersembunyi

Sebelum merasa file atau folder Anda hilang, Anda harus mencoba memeriksa apakah Anda menghilangkannya atau, sekedar menyembunyikannya. Biasanya, virus juga bisa berulah untuk menyembunyikan file tanpa sepengetahuan Anda.

Untuk memeriksanya, berikut hal yang harus dilakukan
  • Masuk ke File Manager
  • Klik Menu, Settings, lalu ke Advanced
  • Klik Show Hidden Files

Jika file atau folder Anda muncul, berarti tidak hilang namun hanya tersembunyi.

2. Cloud Recovery

Mungkin saja Anda memiliki backup cloud yang diaktifkan seperti Google Photos, OneDrive, atau Dropbox, yang tentu akan menyimpan file Anda secara otomatis.

Seperti di Google Photos, di folder Trash pun file yang Anda buang pun tetap akan ada. Berikut cara mencarinya.
  • Klik menu ikon yang berada di dekat bar pencarian
  • Klik Trash
  • Pilih gambar yang ingin Anda kembalikan, lalu klik Restore

File yang berada di folder Trash tidak akan hilang dalam 60 hari.

3. SD Card

Jika Anda tak memiliki storage cloud, ada kemungkinan kalau file Anda ada di SD Card. Sehingga menggali file lewat program recovery SD Card mungkin bisa jadi solusi.

Untuk melakukan ini, Anda harus menyambungkan ponsel Anda ke PC atau laptop. Anda juga harus menginstall sebuah program data recovery. Ada beberapa software recovery yang bisa Anda dapatkan, mulai dari Recuva, Puran File Recovery, hingga Disk Drill.

Meski demikian, tidak ada garansi kalau file Anda akan kembali, namun ini adalah salah satu cara efektif jika Anda kebetulan menghapus file Anda di SD Card.

4. Rooting

Rooting Android adalah cara terakhir untuk mengembalikan file Anda. Namun hal ini bisa dilakukan dengan catatan, file Anda harus ada di dalam memori ponsel, bukan SD Card. Jika memang demikian, rooting adalah satu-satunya cara.

Hal ini dikarenakan mengembalikan data dari ponsel membutuhkan akses rooting. Jika smartphone Anda masih bergaransi, tentu garansi akan hangus.

Meski demikian, rooting sendiri merupakan hal yang menarik untuk dilakukan bagi Anda pengguna Android yang 'canggih.' Pasalnya, banyak sekali fitur menarik smartphone yang bisa terbuka dengan rooting, serta banyak sekali aplikasi non-Play Store yang bisa Anda gunakan pasca ponsel Anda rooting.

0 komentar:

Posting Komentar