Selasa, 18 Juni 2019

5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Online dari Perusahaan Fintech


5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Online dari Perusahaan Fintech

Belakangan terakhir, pinjaman online memang tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Pengajuan peminjaman yang mudah serta pencairan dana yang relatif cepat jadi keunggulan tersendiri dari pinjaman online. Tak heran kalau saat ini mulai banyak bermunculan platform pinjaman online terpercaya seperti Traveloka PayLater yang memberikan kemudahan banyak orang untuk liburan dan melakukan aktivitas lainnya.

Bagi yang butuh uang cepat, tentu sangat tergiur dengan segala kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh layanan pinjaman online. Namun, tak sedikit pula yang khawatir akan bernasib sama dengan para nasabah pinjaman online yang mengalami teror penagihan hutang. Seperti kata pepatah ‘tidak akan ada asap bila tidak api’, pinjaman online tidak ‘mengerikan’ selama kamu menggunakannya dengan bijak dan pastinya membayarnya tepat waktu.

Nah, untuk itu perlu dipahami tentang pemanfaatan platform pinjaman online. Jika ingin mengajukan pinjaman online, sebaiknya ketahui dulu tips amannya berikut ini.

1. Membaca dan memahami ketentuan pinjaman online

Meminjam uang online di layanan financial technology (fintech) memang sangat mudah. Persyaratan yang dibutuhkan hanya berupa foto diri sambil pegang KTP, alamat e-mail, atau akun media sosial. Namun, sebelum mulai mengajukan pinjaman online, ada baiknya untuk mencari tahu tentang ketentuan serta informasi seputar pinjaman online. Sering kali masalah muncul akibat kurangnya informasi yang didapatkan oleh para user.

Penting untuk diketahui bahwa di balik kemudahan pinjaman online terdapat konsekuensi yang juga harus diperhatikan oleh setiap user. Sebagai warga digital tentu sudah paham bahwa semua hal tentang diri tersimpan di dunia cyber dalam perangkat elektronik yang dimilikinya. Maka dari itu, setiap orang yang ingin melakukan kesepakatan transaksi digital harus memberikan kewenangan bagi pihak lain untuk mengakses data diri berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Di sinilah pentingnya calon nasabah pinjaman online untuk membaca ketentuan yang diberlakukan oleh platform pinjaman online yang mereka gunakan. Hal ini bertujuan agar tidak adanya kasus yang tidak diinginkan.

2. Catat tanggal jatuh tempo saat pinjaman cair

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika pinjaman uang online kamu disetujui dan cair adalah mencatat kapan tanggal jatuh temponya. Dengan mencatatnya, kamu jadi bisa tahu kapan harus membayar hutang tersebut. Ingat, kamu tak boleh menghindar dari kewajiban dan tanggung jawab kamu untuk mengembalikan atau membayar cicilan utang.

3. Ingat-ingat jumlah uang yang dipinjam

Sebelum mengajukan pinjaman online, pasti kamu sudah menentukan nominal uang yang akan dipinjam. Jika sudah tahu berapa banyak uang yang akan dipinjam, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengingat nominal tersebut. Dengan cara ini, kamu jadi bisa tahu berapa jumlah tagihan atau cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Biar tidak lupa, kamu bisa mencatat jumlahnya di notes smartphone atau buku catatan agar lebih aman.

4. Bayar sebelum tanggal jatuh tempo

Supaya tidak ada hutang menumpuk, sebaiknya bayar semua tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Ya, begitu gaji cair, kamu bisa menyisihkan uang khusus untuk membayar pinjaman online. Simpan uang tersebut pada satu rekening yang memang sengaja dibuat untuk urusan seperti ini. Jangan pernah utak-atik uangnya untuk keperluan lain. Dengan begini, kamu bisa bayar utang tepat waktu.

5. Bijak saat pinjam uang online

Sebagai masyarakat yang melek teknologi pasti kamu merupakan orang yang melek informasi. Nah, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, jadilah nasabah pinjaman online yang bijak sekaligus cerdas. Jangan hanya asal tahu kemudahan layanan fintech saja, tapi kamu juga harus tahu status hukum platform yang kamu gunakan, apakah resmi atau tidak. Kamu bisa menikmati semua layanan pinjaman online sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi sudah siap melakukan pinjaman online?

0 komentar:

Posting Komentar