Jumat, 26 Juli 2019

5 Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

5 Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

Zaman dulu nasi tumpeng disajikan untuk bahan ritual, tujuannya yaitu untuk menyeimbangkan hubungan antara manusia dengan kekuatan gaib. Sedangkan harapannya yakni tercipta kehidupan yang aman, sejahtera, dan makmur. Namun, zaman sekarang tumpeng disajikan dalam berbagai acara seperti syukuran, ulang tahun, dan acara resmi lainnya. Kalau zaman dulu yang bisa bikin nasi tumpeng hanya orang tertentu saja, sekarang siapapun bisa pesan nasi tumpeng di BSD.

Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

Ciri yang paling khas dari nasi tumpeng ialah gundukan nasi kuning atau nasi putih yang dicetak dengan bentuk kerucut. Kemudian pada bagian sisinya diletakkan kumpulan aneka lauk pauk sebagai pendamping sebagai penggugah selera. Nah, biasanya lauk penyusun nasi tumpeng itu berbeda-beda, tergantung dari daerah mana nasi tumpeng itu berasal. Akan tetapi, secara umum lauk penyusun nasi tumpeng akan diuraikan di bawah ini.

1. Urap

Urap adalah makanan yang terbuat dari aneka macam sayuran, bisa dikatakan juga sebagai salad ala Indonesia. Sayuran tersebut biasanya terdiri dari tauge, kangkung, bayam, dan kacang panjang. Kemudian sausnya terbuat dari parutan kelapa yang dibumbui rempah-rempah. 

Rasa dari urap ini sangat khas, gurih, lezat, sedap, dan penuh bumbu. Dulu, sayuran yang disajikan dalam urap memiliki filosofinya sendiri lho. Kangkung yang berarti melindungi dan kacang panjang yang diartikan sebagai pemikiran yang jauh ke depan.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng memang selalu pas kalau disajikan dengan nasi, baik itu nasi uduk, nasi kuning biasa, dan nasi tumpeng. Ayam goreng dalam nasi tumpeng biasanya diungkep dulu dengan bumbu kuning, baru digoreng dan disajikan. 

Ayam goreng pada nasi tumpeng zaman dulu itu gak sembarangan, ayamnya harus ayam jantan. Lagi-lagi ada filosofinya juga, mengkonsumsi ayam jantan dipercaya bisa menghilangkan sikap seperti ayam jantan yang angkuh, sombong, merasa benar sendiri, dan tidak setia.

3. Tahu dan Tempe

Anda bisa memasukkan berbagai olahan tahu dan tempe pada nasi tumpeng, tergantung dengan selera Anda. Biasanya bumbu dari tahu dan tempe ini pedas dan manis. Bumbu ini sih yang bikin nasi tumpeng semakin nikmat. 

Kalau Anda pesan nasi tumpeng di BSD jangan lupa dengan lauk yang satu ini. Sajian tahu dan tempe termasuk makanan modern pada nasi tumpeng, jadi tidak memiliki filosofi apapun yang berkaitan dengan budaya dan sejarah.

4. Telur

Kalau mau mengikuti susunan lauk nasi tumpeng zaman dulu, telur ini direbus dan disajikan lengkap dengan cangkangnya. Tentu ada filosofi yang melatar-belakanginya, yakni semua tindakan yang dilakukan mesti direncanakan sebaik mungkin. 

Nah, kalau zaman sekarang kan gak mungkin ya menyajikan telur seperti itu. Secara umum, telur pada nasi tumpeng zaman sekarang kebanyakan didadar atau direbus tapi tidak disajikan dengan cangkangnya.

5. Sambal

Menu-menu di atas rasanya kurang lengkap kalau gak ada sambal. Rasa pedas, gurih, dan lezat yang khas membuat selera makan Anda semakin meningkat. Sambal pada nasi tumpeng tidak memiliki filosofis karena hanya sebagai pelengkap saja. Maka, sambal apapun bisa Anda sajikan, mulai dari sambal matah, sambal terasi, sambal tomat, dan sambal-sambal lainnya. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Nah, demikianlah beberapa lauk penyusun pada nasi tumpeng modern. Pesan nasi tumpeng di BSD mungkin saja lauknya bisa lebih lengkap. Bahkan Anda bisa request sesuai dengan selera dan kebutuhan acara Anda. Selamat menikmati nasi tumpeng!

0 komentar:

Posting Komentar