Minggu, 27 Oktober 2019

4 Hal yang Mungkin Terjadi Karena Tidak Mengganti atau Memilih Oli Tidak Berkualitas

4 Hal yang Mungkin Terjadi Karena Tidak Mengganti atau Memilih Oli Tidak Berkualitas
sumber : Liputan6.com

Tingginya minat terhadap penggunaan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor kini menimbulkan banyak dampak yang kurang baik. Sebut saja mulai dari kemacetan lalu lintas, polusi udara dan juga banyak tindak kriminalitas yang mengancam. Ya, kejahatan bermunculan karena adanya kesempatan, misalnya adanya perampokan ketika sedang ada mobil mogok hingga adanya begal.
Untuk meminimalisir hal itu, kamu harus mensupport kendaraan yang kamu kendarai setiap hari dengan perawatan yang baik, sehingga dapat melaju kencang saat dibutuhkan apabila terjadi sesuatu yang mendesak. Pastikan kondisi kendaraan baik sebelum kamu bepergian. Cara dan perawatannya pun membutuhkan biaya dan ketelatenan yang sangat ekstra.
Untuk menjaga agar mobil tetap awet, gunakanlah material original. Salah satu yang sangat menentukan awet tidaknya mesin mobil kamu adalah oli. Pastikan kamu memilih oli yang memang sesuai dengan spesifikasi mobil kamu dan yang terpenting adalah oli tersebut berkualitas ori bukan palsu.
Karena akhir-akhir ini banyak sekali barang tiruan yang beredar dengan menawarkan oli mobil murah, jadi jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah, tapi ternyata barang tersebut adalah tiruan atau palsu yang kemudian akan membahayakan mobil kamu. Berikut ulasan apa saja bahaya oli palsu bagi mobil kesayanganmu.
1.  Pompa Oli Macet
4 Hal yang Mungkin Terjadi Karena Tidak Mengganti atau Memilih Oli Tidak Berkualitas
sumber : youtube.com
Oli mobil yang palsu akan menyebabkan dampak buruk bagi mesin mobil kamu, salah satunya mobil akan mogok tiba-tiba. Hal ini dikarenakan mesin pemompa oli tidak bekerja secara normal akibat dari oli palsu tadi yang menyumbat sirkulasi sehingga menjadi tidak lancar. 

Oli yang palsu tentunya memiliki kualitas yang buruk, kebersihan dan kemurnian kurang terjaga, sehingga apabila oli tersebut diisikan ke mesin maka lama kelamaan kotoran yang terdapat dalam oli akan mengendap dan menyumbat saluran pompa yang menyebabkan kemacetan.

2.  Saluran Pompa Tersumbat

sumber : gridoto.com
Kemurnian dan kebersihan dari oli palsu sangat dipertanyakan, sehingga patut dikhawatirkan adalah jika oli palsu memiliki tingkat kebersihan dan kemurnian yang rendah. Karena kotoran yang berada di oli tersebut dapat memicu saluran pompa menjadi tersumbat atau mampet. Tidak hanya tersumbat, kotoran yang berada di oli palsu juga akan menyebabkan mesin mobil kamu cepat rusak dan sering mogok.

3.  Mesin Mobil Cepat Panas

sumber : otospector.co.id
Dengan iming-iming harga oli mobil murah, jangan sampai membuat kamu tergiur. Berpikirlah seribu kali jika ada yang menawarkan seperti itu, karena dampak yang ditimbulkan akan membuat kamu malah mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaikinya.

Salah satu dampak terburuk yang mungkin terjadi adalah mesin mobil menjadi lebih cepat panas, karena besar kemungkinan oli palsu tidak dapat menahan panas dan memiliki daya pelumas yang rendah. Perlu diingat, jika mesin tidak diberi pelumas dengan oli yang memiliki kemampuan tahan terhadap suhu tinggi maka akan menyebabkan mobil cepat panas.

Untuk menghindarinya, gunakanlah oli asli dan dalam pengisian jangan terlalu penuh. Sering-seringlah memeriksa keadaan oli agar jika ada penguapan atau kebocoran segera diketahui.

4.  Filter Oli Tersumbat

sumber : deltalube.com
Oli mobil murah juga akan menyebabkan tersumbatnya filter oli. Kegunaan dari filter oli adalah agar kotoran dapat tersaring sehingga kotoran tersebut tidak dapat masuk ke mesin.

Akibat dari banyaknya kotoran dalam oli palsu membuat filter oli cepat penuh dengan kotoran dan juga menyebabkan filter oli cepat rusak. Jika mesin filter oli rusak dan tidak segera diganti maka lama kelamaan oli juga tidak dapat masuk ke mesin karena terhalang kotoran tersebut.
Jika kamu sudah memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi, maka kamu juga harus siap-siap menghadapi konsekuensi yang mungkin terjadi. Kamu juga harus lebih pandai dan bijak dalam memilih onderdil serta pelumas yang cocok sehingga akan membuat mobil kamu awet.
Lebih teliti lah dalam memilih produk, jangan sampai tergiur dengan oli mobil murah dan jangan langsung membelinya. Alih-alih ingin mendapatkan oli mobil dengan harga terjangkau dan berkualitas, kamu malah membuat mobil yang kamu jaga dan rawat menjadi cepat rusak. Jika tidak ingin terjadi hal seperti itu, kamu bisa langsung ke bengkel resmi agar keaslian produk lebih terjamin.
Semoga informasi-informasi kerusakan yang mungkin terjadi akibat penggunaan oli palsu diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan dan membantu kamu lebih selektif dalam memilih suku cadang untuk kendaraan pribadi. Waspadalah terhadap produk-produk palsu yang sedang marak dipasaran. Alangkah baiknya jika tetap menggunakan produk berkualitas asli produksi dalam negeri karena tidak selamanya produk impor itu bagus.
Cintailah produk-produk Indonesia,ya!

0 komentar:

Posting Komentar