Minggu, 08 Desember 2019

Cara Memilih Web Hosting Terbaik dan Terpercaya


Cara Memilih Web Hosting Terbaik dan Terpercaya

Web Hosting adalah layanan jasa penyewaan tempat untuk menaruh file-file website atau blog dari perorangan ataupun suatu perusahaan sehingga website atau blog tersebut dapat diakses oleh semua orang yang ada di dunia. Sekarang ini sudah sangat banyak jasa Hosting Indonesia yang bisa kita temukan di internet.

Seiring berkembangnya teknologi, jasa web hosting di Indonesia ataupun luar negeri, kini menjamur begitu cepat. Mereka saling bersaing dalam menggaet para pelanggannya dengan cara menawarkan Hosting Murah dan juga domain gratis.

Meskipun demikian, kamu perlu berhati-hati dengan iming-iming yang mereka tawarkan. Lihat dulu fitur yang mereka tawarkan, sesuai tidak dengan harga dan kebutuhan kamu. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih web hosting. Berikut ini tipsnya:

Harga yang ditawarkan

Pada umumnya, yang harus diperhatikan pertama kali saat mempertimbangkan memilih web hosting yaitu masalah harga. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, bandingkan terlebih dahulu dengan penyedia web hosting yang lain untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan sebanding dengan fitur yang akan kamu peroleh nantinya.

Sangat banyak sekali penyedia hosting yang mempromosikan harga yang murah, akan tetapi tidak semuanya memberikan fitur dan layanan yang memuaskan dengan harga murah tersebut.

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan adalah hal terpenting kedua yang harus kamu perhatikan dalam memilih web hosting. Meskipun murah, jika kapasitas penyimpanan sangat minim sekali, kamu harus menghindarinya.

Pilihlah kapasitas sesuai kebutuhan, perkirakan seberapa besar blog kamu dalam kurun waktu beberapa tahun kemudian. Jika hanya untuk kebutuhan blog pribadi, yang hanya memuat beberapa postingan ringan plus beberapa gambar saja, maka ruang penyimpanan sebesar 2 GB sudah mencukupi.

Namun jika blog atau website yang akan kamu buat diperkirakan akan berkembang besar dalam waktu dekat, berarti kamu harus memilih kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Usahakan memilih penyedia layanan hosting yang memberikan kapasitas penyimpanan unlimited.

Batasan Transfer Data

Hal penting ketiga yang harus kamu perhatikan sebelum memilih web hosting adalah batasan transfer data. Perkirakan jumlah visitor blog kamu beberapa waktu mendatang, semakin banyak pengunjung, tentu akan semakin banyak pula data yang harus di transfer.

Batasan transfer data atau bandwidth biasanya dihitung per bulan. Misalnya 5 GB dan 10 GB bahkan juga ada yang unlimited. Untuk menghindari overload saat pengunjung website kamu banyak dimasa yang akan datang, alangkah baiknya jika kamu memilih penyedia hosting yang memberikan bandwidth unlimited.

Kecepatan

Kecepatan web hosting yang kita sewa akan sangat berpengaruh terhadap pengunjung blog. Jika loading blog kamu relatif cepat, tentu hal itu akan menyenangkan bagi pengunjung blog, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan berkunjung kembali di lain waktu.

Jika sebaliknya, maka pengunjung tersebut akan enggan untuk kembali mengunjungi blog kamu lagi. Untuk itu, pilihlah web hosting yang mempunyai kualitas yang baik dan dapat dikamulkan, serta memiliki up time yang tinggi.

Support

Hal penting yang kelima yang harus diperhatikan adalah support atau bantuan. Bagi blogger pemula, support dari penyedia layanan sangat penting sekali. Ketika kamu mengalami masalah atau kesulitan, kamu tinggal meminta bantuan pada teknisi atau customer service mereka.

Jasa web hosting yang baik, seharusnya menyediakan layanan bantuan 24 jam dalam sepekan. Sehingga, kapanpun kamu mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, mereka akan siap membantu meskipun hari libur.


0 komentar:

Posting Komentar