Sabtu, 18 Januari 2020

Jenis Genset Listrik


Jenis Genset Listrik

Genset atau kepanjangan dari generator set yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu.

Genset sangat penting digunakan sebagai alternatif bila listrik sedang padam. Listrik merupakan adalah hal yang sangat penting dalam sebagian besar lingkup kehidupan terutama bila listrik merupakan kebutuhan pokok yang di gunakan untuk produksi perusahaan. 

Genset tidak hanya digunakan untuk alternatif keetika listrik padam, namun juga sebagai sumber listrik untuk kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan sumber listrik namun daerah tersebut tidak dapat menyediakannya, genset dapat digunakan sebagai alternatif sumber listrik. Karena keberadaannya yang penting sehingga diharapkan genset selalu bekerja secara optimal. Agar genset selalu bekerja optimal maka diperlukan perawatan genset terbaik yang dapat dilakukan di sewatama dengan tim yang ahli atau dapat dilakukan sendiri jika mengerti tentang mesin genset.

Jenis Genset Listrik

Ada dua macam jenis genset berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Generator Listrik Alternator (AC) dan Generator Listrik Dinamo (DC).

Pada genset listrik AC ini, kutub - kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga diantara kedua kutub magnet tersebut dihasilkan medan magnet. Di alam medan magnet tersebut terdapat kumparan yang mudah berputar pada porosnya. Karena kumparan selalu berputar, maka jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan juga selalu berubah - ubah. 

Sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini  berjenis bolak-balik dengan bentuk seperti gelombang. Amplitudonya bergantung pada kuat medan magnet, jumlah lilitan kawat, dan luas penampang kumparan, serta frekuensi gelombangnya sama dengan frekuensi putaran kumparan.

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini, menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator dibagian output-nya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC, meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC

0 komentar:

Posting Komentar