Kamis, 09 Januari 2020

Penyebab Umum Candidiasis dan Cara Pencegahannya



Baru-baru ini penyakit akibat infeksi jamur hingga bakteri semakin marak terjadi. Apalagi dengan memasuki musim penghujan bisa dipastikan gangguan kulit akan semakin bertambah. Salah satu infeksi jamur berupa candidiasis telah menjadi rumor yang harus dicegah serta ditangani secara cepat. Beberapa penyebab umum candidiasis ini harusnya dicermati kembali, karena ada beberapa skala paling tepat agar penderita bisa sembuh dalam waktu cepat.
Seringkali Candidiasis ini disebabkan oleh penurunan fungsi sistem imun tubuh yang menghadapi serangan infeksi jamur secara masif. Karena itulah ada beberapa poin penting yang membuat penyebab umum terjadinya candidiasis ini diketahui secara luas.

Penyebab Umum Candidiasis dan Cara Pencegahannya
Penyebab Umum Candidiasis
Beberapa contoh dari terjadinya candidiasis ini bisa berada di area vagina, kemudian ruam popok pada kalangan bayi, kemudian sariawan, hingga pada lipatan payudara dan infeksi kuku. Dari sinilah harus ada penanganan serta mencermati kembali seperti apa penyebab umum dari candidiasis ini.
Terjadinya Infeksi Ragi
Pada kasus infeksi candidiasis kalangan wanita biasanya terjadi karena infeksi ragi. Pada bagian vagina akan terasa terbakar, terjadi keputihan, hingga terasa gatal. Bahkan ada penelitian bahwa 20-50% wanita sehat bisa berpotensi terkena infeksi jamur candidiasis ini jika tidak merawat kebersihan ataupun terjadi perubahan lingkungan sekitar yang terbilang lembab.
Sistem Imunitas Tubuh Tidak Maksimal
Selain dari adanya infeksi jamur Candidiasis tersebut, ternyata salah satu penyebab umum candidiasis ini adalah kondisi sistem imun tubuh tidak berjalan maksimal. Dari sinilah harus ada beberapa langkah tepat untuk bisa meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh seperti mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan selalu mengecek kesehatan tubuh.
Pengobatan Kanker
Pada kasus tertentu penderita kanker yang sudah melakukan beberapa tahapan kemoterapi berpeluang besar terkena infeksi jamur candidiasis tersebut. Selain dari faktor penggunaan obat kimia yang bersifat keras, tentu saja dari penurunan sistem kekebalan tubuh akan memberi efek terhadap penderita kanker.
Mengkonsumsi Steroid dan Antibiotik
Meskipun dari kasus candidiasis yang disebabkan oleh penggunaan obat antibiotik dan steroid ini masih minim terjadi, namun pada sisi faktor penyebabnya masih kemungkinan besar karena kesalahan prosedur konsumsi obat antibiotik dan steroid. Untuk itulah ada beberapa pencegahan salah satunya menggunakan resep dokter sehingga dari takaran beserta durasi konsumsi obat bisa diatur sesuai aturan.
Kondisi Lingkungan yang Tidak Bersih dan Lembab
Mengingat setiap orang memiliki jamur candida ini dalam angka kecil, maka faktor pemicu seperti lingkungan tidak bersih dan terasa lembab akan mempercepat pertumbuhan jamur tersebut. Maka dari itu diperlukan upaya untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi candidiasis ini dengan menjaga kebersihan lingkungan kemudian selalu menjaga kebersihan diri sendiri.
Menopause
Wanita yang memiliki usia di atas 50 tahun akan rentan terkena infeksi jamur candidiasis ini karena memang pada proses menopause akan ada banyak infeksi ragi yang terjadi di beberapa bagian tubuh. Meskipun masih ada kaitannya dengan penurunan hormon dan sistem imun, tetap saja ada beberapa peluang yang membuat penyebab umum candidiasis ini harus bisa dicegah dan diketahui sejak dini.
Segala macam penyebab umum candidiasis ini telah mampu memberi pengetahuan lebih luas kepada masyarakat seputar bagaimana resikonya. Ditambah lagi ada beberapa metode tepat agar angka penderita infeksi jamur candidiasis ini bisa berkurang. Faktor resikonya masih sangat dominan terjadi pada usia bayi sampai dewasa. Dibutuhkan kesadaran akan pengaturan kebersihan lingkungan sampai akhirnya ada sejumlah porsi berbeda yang kemungkinan besar bisa langsung dicermati untuk mengerti bagaimana sistem penanganannya.

0 komentar:

Posting Komentar