Kamis, 02 Juli 2020

Kenali Tanda Penyebab Perut si Kecil Bermasalah


Kenali Tanda Penyebab Perut si Kecil Bermasalah

Melihat si kecil tumbuh sehat dan bisa mendengar tawanya setiap hari, adalah sebuah anugrah terindah yang bisa dilihat bunda setiap hari. Namun senyumnya yang manis harus sirna ketika perutnya mengalami masalah. Akibatnya, si kecil menangis dan tidak bisa melakukan berbagai aktifitas. Ada beberapa penyebab mengapa anak 2 tahun kembung dan mencret, sehingga bunda harus menyadari penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

Kenali Tanda Penyebab Perut si Kecil Bermasalah

1. Terlalu Banyak Menangis

Tidak banyak orang tua menyadari jika anak yang sudah terlalu banyak menangis, dapat menyebabkan perutnya menjadi kembung. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak usia dua tahun, dimana si kecil akan memasuki masa tantrum yang membuatnya terus menangis berkepanjangan. Saat menangis, mulutnya akan terbuka yang secara otomatis menelan lebih banyak udara dan berakhir mengendap di dalam perutnya hingga menjadi kembung.

2. Sistem Pencernaan Belum Sempurna

Salah satu penyebab mengapa perut si kecil lebih mudah kembung hingga mencret, adalah sistem pencernaannya yang memang belum bekerja dengan sempurna. Alhasil sistem pencernaannya tidak bisa mengolah baik makanan, feses, hingga gas dengan optimal layaknya orang dewasa. Dalam kondisi tersebut, wajar jika gas perlahan menumpuk di perut dan anak 2 tahun kembung dan mencret pun bisa terjadi.  

3. Tidak Bisa Diam Ketika Menyantap Makanan

Si kecil mulai aktif mengeksplorasi lingkungan sekitarnya memanglah menyenangkan, namun akan sangat membahayakan ketika akfititas tersebut dilakukan ketika bunda sedang memberinya makan. Maksud hati ingin membiarkannya tetap tenang dan mau menyantap makanannya, namun kebiasaan ini harus segera dihentikan demi kesehatannya. Sebab hal ini dapat memicu perut menjadi kembung dan berakhir perut terasa kurang nyaman.

Perut bisa menjadi kembung, diawali ketika si kecil mengunyah makananya lebih cepat dibandingkan ketika sedang tidak melakukan aktifitas apapun. Kecepatan mengunyah inilah yang justru membuat udara lebih mudah masuk ke dalam sistem pencernaannya. Dalam tahap tertentu, akhirnya si kecil mengaku kenyang karena lebih banyak angin yang masuk di dalam tubuhnya. Sebagai langkah antisipasi anak 2 tahun kembung dan mencret, mintalah si kecil duduk saat makan.

4. Akibat Mengkonsumsi Protein Tertentu

Dalam beberapa kasus, beberapa anak merasa perutnya kesakitan akibat gas berkumpul di dalam perutnya usa meminum ASI. Kemungkinan besar kondisi ini dapat terjadi, karena tingkat intoleransi protein yang didapatkan dari makanan ibu cukup besar. Begitu pula bagi anak yang diberikan susu formula, kemungkinan si kecil mengalami intoleransi terhadap laktosa yang ada di dalam susu sapi.

5. Mengkonsumsi Soda

Memasuki usia dua tahun, orang tua diperbolehkan untuk memberikan makanan maupun minuman apapun yang diinginkan termasuk soda sekalipun. Memiliki rasa yang cenderung manis dan dapat melegakan dahaga, wajar saja jika anak anak menyukainya sebagai minuman favorit. Tanpa disadarinya, minuman karbonasi tersebut mengandung asam posporik yang dapat mengakibatkan gas berlebih di dalam pencernaan.

Ketika perut menyimpan gas lebih banyak, si kecil pun seakan merasa tetap kenyang meski semu belaka. Dalam tahap ini, konsumsi susu maupun air menjadi berkurang yang tandanya tubuh kehilangan nutrisi yang diperlukan serta tubuh mengalami dehidrasi. Sebagai langkah antisipasi cerdas, batasi konsumsi soda agar anak 2 tahun kembung dan mencret bisa dicegah. Meski akan terasa sulit, hal ini perlu dilakukan agar kesehatan si kecil tetap terjaga.

Perut kembung maupun mencret bisa terjadi kepada siapa saja, tidak terkecuali bagi perut sang buah hati yang masih dalam tahap perkembangan https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/anak-dua-tahun-kembung-dan-mencret-ini-5-cara-ampuh-mengatasinya. Dalam kondisi tersebut, bunda dituntut tetap tenang dan memikirkan kembali apa yang menjadi penyebab pemicu masalah perutnya. Dengan mengetahui penyebab utamanya, penanganan pun dapat dilakukan dengan maksimal sekaligus mencegah kondisi ini terulang kembali di masa mendatang.


1 komentar:

  1. www.nonwovenbagmalaysia.com.my/ www.magspremiums.com
    MAGS PREMIUM GIFTS SDN BHD We specialize in premium and corporate gifts printing (cenderamata korporat) , Welcome to custom made your own design on the gifts. Example: non woven bags, tshirt, lanyard, keychain, etc...

    BalasHapus