Minggu, 20 September 2020

Hobi Memasak? Yuk Simak 6 Makanan Dengan Bahan Utama Tepung Segitiga Biru

Tepung Segitiga Biru

Tepung terigu merupakan bahan dasar yang penggunaannya hampir ada di setiap makanan. Bagi anda yang memiliki hobi memasak maupun membuat kue, pasti anda tidak asing dengan kegunaan dan fungsi tepung terigu. Namun bagi sebagian orang mungkin tidak mengetahui kegunaan tepung yang sebenarnya. Dengan menggunakan tepung, anda bisa berkreasi membuat masakan. Berikut ini beberapa contoh makanan yang berbahan dasar tepung segitiga biru.

Beberapa Contoh Makanan Yang Berbahan Dasar tepung Terigu

1. Kue Kering

Kue kering merupakan kudapan makanan ringan yang tidak memiliki posisi sebagai makanan utama, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Kue kering biasanya memiliki cita rasa manis atau asin. Kue kering juga memiliki kadar air yang sangat rendah sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama. Umumnya kue ini bertekstur keras dan renyah akibat reaksi pembuatannya yang dioven. Bagi masyarakat Indonesia, kue ini bisa ditemui saat lebaran.

Di negara lain, kue kering sering disajikan pada saat sore hari sebagai teman untuk meminum teh. Bahkan di negara tertentu, kue kering merupakan kudapan yang wajib disediakan saat menjamu tamu. Makanan ini memiliki bahan dasar utama yakni tepung terigu. Masyarakat menggunakan tepung Segitiga Biru karena dapat menghasilkan tekstur yang cenderung keras namun lebih renyah.

Apabila anda ingin membuat kue kering sendiri, anda bisa mulai membuat kudapan yang sudah dikenal secara umum salah satunya adalah nastar. Kue kering nastar memiliki resep yang sangat sederhana. Anda bisa menyiapkan mentega, susu bubuk, gula halus, kuning telur, selai nanas, susu kental manis, minyak goreng dan tepung terigu. Caranya pun juga terbilang mudah, anda bisa memanfaatkan layanan internet untuk mengetahui pembuatan nastar.

2. Bahan Dasar Mi Buatan Rumah

Mi merupakan makanan berupa adonan tepung yang tipis dan panjang dengan cara pembuatannya yang digulung. Pada umumnya, mi berbahan dasar tepung terigu yang kaya akan karbohidrat. Jika anda pencinta mi, anda bisa membuat mi buatan rumah yang lebih sehat dengan menggunakan tepung Segitiga Biru. Anda hanya perlu menyiapkan bahan bahan seperti, telur ayam, minyak goreng, garam, dan bahan utama yaitu tepung terigu.

Anda bisa menggunakan tepung terigu berprotein tinggi atau rendah. Setelah anda menyiapkan bahan, campurkan tepung terigu dengan  garam sesuai selera, lalu masukkan telur ayam dan minyak ke dalam tepung kemudian uleni adonan hingga melembut dan mengkilat. Selanjutnya, bungkus adonan tersebut dengan kain dan biarkan selama 30 menit.  Lalu bentuk dan pipihkan adonan menggunakan alat pemipih. Mie buatan rumah pun sudah siap.

3. Roti Buatan Rumah

Roti merupakan salah satu makanan berbahan dasar tepung terigu dan air. Sering kali pembuatan roti harus difermentasikan dengan ragi, sehingga dapat bertahan lebih lama. Di negara bagian Barat, roti adalah salah satu makanan pokok mereka. Namun, anda pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan tepung Segitiga Biru berprotein sedang, gula pasir, garam, air, dan ragi jika dibutuhkan. Campur semua bahan lalu kukus atau oven.

Melalui penjelasan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa tepung terigu hampir menjadi bahan utama pembuatan semua jenis makanan. Tepung terigu terbagi dalam 3 jenis, yakni tepung terigu berprotein rendah, protein sedang, dan protein tinggi. Tepung trigu Bogasari Segitiga Biru tergolong jenis tepung yang memiliki protein rendah. Hal ini dibuktikan dari fungsi kegunaannya untuk kue kering dan berbagai macam kue lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar