Sabtu, 19 Desember 2020

Tidur Malam Jadi Lebih Nyenyak, Lakukan 7 Hal Ini Agar Cepat Ngantuk!

Tips Agar Cepat NgantukSumber: pinterest.com

Malam hari adalah waktunya buat kita beristirahat setelah beraktivitas seharian. Namun, ada juga sebagian orang yang masih bekerja dan beraktivitas di malam hari. Banyak yang bilang kalau tidur itu gampang, bahkan ada yang mengatakan jika tidur adalah hobi buat mereka. Akan tetapi bagi beberapa orang, kegiatan sederhana ini ternyata gak semudah yang dibayangkan. Seringkali saat mau tidur, kita tiba-tiba memikirkan banyak hal sehingga sulit tertidur, dari yang penting hingga yang gak penting sekalipun.

Nah, daripada melakukan aktivitas yang malah bikin kita makin kesulitan buat tidur, lebih baik lakukan tips-tips ini supaya cepat ngantuk. Dijamin bikin segera terlelap dan tidur lebih nyenyak!

1. Sebelum Tidur, Mandilah Menggunakan Air Hangat

Mandi Air HangatSumber: pinterest.com

Mandi dengan air hangat bisa kamu lakukan sebelum tidur malam. Cara ini dipercaya ampuh membuat seseorang jadi cepat tidur. Pasalnya, tubuh yang terkena air hangat lalu terkena suhu udara dingin akan bikin kita merasa mengantuk. Tubuh kamu juga akan terasa lebih rileks, fresh dan pikiran jadi terlepas dari rasa penat. So, cobalah mandi air hangat dengan water heater listrik sebelum tidur malam supaya kamu bisa cepat ngantuk dan nyenyak saat tidur.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Makanan Karbohidrat Tinggi
Sumber: pinterest.com 

Mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dipercaya ampuh membuat seseorang cepat tidur malam. Ini karena karbohidrat bisa menimbulkan produksi hormon tryptophan, dimana hormon ini dapat membuat seseorang cepat mengantuk. Kamu cuma perlu memakan makanan berkarbohidrat dengan jumlah yang cukup sekitar empat jam sebelum tidur.

3. Sebelum Tidur Cobalah Membaca Buku

Membaca BukuSumber: pinterest.com

Membaca buku, dimana dan kapan saja waktunya, terkadang bikin kita jadi cepat mengantuk bahkan baru membaca beberapa halaman saja. Tapi, cara satu ini tentu tidak dapat dilakukan pada setiap buku biar cepat tidur. Buat menyiasatinya, pilihlah buku bacaan berat, khususnya dengan buku genre non-fiksi agar mata cepat lelah dan akhirnya jadi ngantuk.

4. Dengarkan Musik dengan Irama Pelan

Mendengarkan MusikSumber: pinterest.com 

Mendengarkan musik juga bisa jadi cara jitu untuk membuat kamu cepat mengantuk. Namun, pilihlah lagu dengan ritme lembut dan setel dengan volume yang sedang. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa lagu dengan tempo yang lambat 60 sampai 80 beat dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

 5. Hindari Mengkonsumsi Alkohol atau Kafein Sebelum Tidur

Hindari Konsumsi KopiSumber: pinterest.com

Kalau kamu mau cepat tidur saat di malam hari, hindarilah mengkonsumsi kafein yang justru membuat kamu terjaga. Seperti minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

6. Matikan Barang Elektronik

Matikan Barang ElektronikSumber: pinterest.com 

Untuk membuat diri agar cepat tidur, kamu haru mengatur penggunaan barang elektronik sebelum tidur. Tanpa disadari, kita terlalu keasyikan bermain gadget saat hendak tidur. Pemakaian gadget akan bikin otak terjaga terus menerus hingga membuat kita semakin susah buat tertidur. Maka dari itu, ada baiknya tinggalkan gadget kamu satu jam sebelum hendak tidur biar bisa cepat terlelap. Selain itu, matikan juga lampu dalam kamar karena tidur dalam kondisi gelap bisa meningkatkan kualitas tidur kamu jadi lebih nyenyak.

7. Bersiap Diri di Tempat Tidur saat Jam Tidur Tiba

Bersiap Tidur
Sumber: pinterest.com 


Jika jam tidur kamu telah tiba, cobalah untuk tidak berdiam diri di depan televisi, ruang keluarga atau di ruang hiburan sekalipun sebab ini bakal membuat kamu tetap terjaga. Untuk itu, segeralah bersiap diri di tempat tidur dan siapkan badan buat tidur serta pikiran biar terfokus buat beristirahat.

Terapkanlah poin-poin tadi supaya kamu bisa cepat tertidur dan terlelap dengan nyenyak. Sehingga kualitas tidur kamu pun bisa terjaga dengan baik.


0 komentar:

Posting Komentar